Minggu, 22 September 2019
Uncategorized

Mengenal Budaya Turki

174views

Budaya Turki memadukan sekumpulan unsur-unsur yang sangat beranekaragam yang telah diturunkan dari berbagai macam budaya Mediterania Timur (Asia Barat) dan Asia Tengah dan sedikit dipengaruhi oleh tradisi-tradisi Eropa Timur dan Kaukasus. Banyak dari tradisi-tradisi ini pada mulanya dibawa serta oleh Khilafah Utsmaniyah, sebuah negara yang multi-etnis dan multi-agama. Boleh dikatakan bahwa, Negara Turki memiliki budaya paling unik di dunia. Turki mungkin satu-satunya negara yang mengkolaborasi budaya Timur dan Barat. Mengedepankan beberapa karakteristik dan kualitas yang berbeda dari budaya dan seni Turki.

Sebagian besar asal pendapatan dari negara Turki ini adalah dari bidang parawisata. Sektor wisata merupakan suatu bidang yang paling memberi banyak aspek kehidupan masyarakat dan berkembang di Negara Turki. Turki telah merupakan kawasan wisata yang paling terkenal bagi banyak orang Eropa, Negara tersebut merupakan pesaing utama bagi ppariisata negara Italisa, Prancis, Yunani dan Spanyol. Turki memiliki resort andalan, yaitu Antalya dan Muğla, yang terletak di wilayah Riviera, yang sangat diminati oleh para wisatawan. Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Erdogan, negara ini berhasil meningkatkan pendapatan perkapitanya hingga mencapai sekitar 3 kali lipat.

Walau Turki berada pada wilayah Timur Tengah, akan tetapi negara ini memiliki corak budaya yang berbeda, bila dibandingkan dengan negara Timur Tengah lain. Melalui perpaduan budaya Eropa, Asia dan Arab, Turki seperti dapat menciptakan budaya sendir, tanpa terpengaruh salah satu dari mereka, walau tidak dapat dipungkiri, pengaruh Arab dan Persia menjadi warisan yang mendalam bagi masyarakat Turki sebagai peninggalan Dinasti Usmani.Hal tersebut yang membuat masyarakat dunia beranggapan, bahwa Turki adalah salah satu bagian dari jazirah Arab. Hal itu juga yang ingin diluruskan oleh Turki, bahwa Negara tersebut tidak mengikuti paham Islam. Hal ini disebabkan bahwa, sejak abad ke 19, Turki merupakan negara yang beazaskan paham nasionalisme.

Turki adalag sebuah negara yang memiliki sejumlah kebudayaan.Mislanya, kebudayaan saat minum.  Pada saat memasak the, Negara ini selalu pada dua tempat. Pada bagian bawah wadah, masyarakat meletakkan air putih, sedang atasnya adalah bagian the yang pekat. Pada pembuatannya, orang Turki akan menuangkan biang the terlebih dahulu, diikuti dengan air putih panas, sehingga kepekatan teh tergantung selera masing-masing. Selain itu, walau pun negara ini mengikuti paham Islam, akan tetapi untuk minuman beralkohol, dapat dijual bebas, seperti di kawasan Eropa, kecuali pada bulan suci Ramadhan.

Untuk makanan, negara ini bukanlah negara homogen, sehingga makanan pada wilayah ini cukup beragam. Pada wilayah utara, masyarrakat setempat b anyak yang mengkonsumsi jagung dan ikan. Pada bagian tenggara, terkenal dengan makanan kebab, mezes dan berbasis makanan penutup adonan seperti baklava, kadayıf dan künefe. Pada bagian kawasan  barat Turki, banyak terdapat pohon zaitun yang tumbuh melimpah, untuk itu, banyak ragam masakan yang dimasak menggunakan minyak zaitun. Masakan banyak digunakan pada kawasan Aegean, Marmara dan Mediterania daerah menampilkan karakteristik dasar dari masakan Mediterania karena mereka kaya