Senin, 14 Oktober 2019
Budaya

Tradisi Merayakan Lebaran Bagi Anak-Anak Padang

141views

Di Indonesia pastinya mempunyai beragam tradisi dalam menjalani dan merayakan hari kemenangan itu, kesemuanya adalah dalam rangka mengisi hari kemenangan dihari nan fitri, Hari Raya Idul Fitri dikenal sebagai Momentum yang sungguh membahagiakan bagi anak-anak minang, Sumatera barat. Betapa tidak dihari nan fitri ini mereka merayakannya dengan penuh kegembiraan, bersuka ria dan penuh canda tawa.

Di Sumatera Barat ( Padang dan sekitarnya ) ada suatu tradisi yang dikenal dengan ” Manambang ” khusus bagi anak-anak, Manambang hanya ada pada hari raya idul fitri dan tak ada di hari raya idul adha.

Usai shalat Idul Fitri anak-anak di minang datang kerumah-rumah masyarakat bersilaturrahmi dan dengan sedikit harapan dapat dana THR untuk belanja Lebaran mereka, sesudah

Tradisi Merayakan Lebaran Bagi Anak-Anak Padang

Rombongan mengunjungi rumah-rumah masyarakat itu bervariasi, terkadang dalam 1 rombongan itu 3 orang, 4 orang atau bakan lebih. Karena ini adalah tradisi turun-temurun yang telah ada semenjak dahulu, maka setiap Tuan Kediaman menyiapkan yang namanya dana THR, sesuai dengan kemampuan mereka, dan biasanya dana THR yang diberikan kepada anak-anak tamu lebaran tadi dikenal sebagai uang baru pecahan, Rp. 2000-5000.

Hasil dari manambang itu biasanya bervariasi juga, bahkan terkadang sampai ratusan ribu, sebab mereka tak cuma manambang sekitar kompleks saja, tetapi juga bisa pergi kekompleks yang lain, yang krusial mereka tak jemu mendatangi kediaman warga maka bakal semakin banyak pula uang yang mereka dapatkan.

Hasil dari manambang ini ada yang digunakan oleh anak minang untuk membeli mainan, membeli kesukaan mereka atau sekedar ikut membeli seperti yang teman mereka beli.