Senin, 25 Maret 2019
Internasional

Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit

Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit
50views

Amerika Serikat – Southwest Airlines mengalami kecelakaan saat terbang di langit Amerika Serikat, Pesawat dengan nomor penerbangan 1380 itu harus mendarat darurat di Philadelphia International Airport, karena salah satu mesin jet di bagian kiri hancur secara misterius.

Namun musibah tak berakhir, tiba-tiba saja kepala Riordan tersedot angin dari jendela tak berkaca hingga sempat keluar dari kabin pesawat. Beruntung dalam kondisi itu penumpang lain langsung menggapai tubuh Riordan dan menariknya masuk lagi ke kabin. Eksekutif yang bekerja di perusahaan perbankan terkenal, Wells Fargo tersebut, menghembuskan napas terakhir di dalam kabin.

Tampak pesawat berguncang kencang dan seluruh masker oksigen di kabin, keluar dari tempat disimpannya. Sementara itu di dalam kokpit, pilot bernama Tammie Jo Shults, terus berusaha mengendalikan pesawat agar bisa mendarat dengan selamat di bandara.

Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit
Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit

Shulth terus fokus menyelamatkan pesawatnya meski saat Riordan tersedot keluar pesawat, Shulth mengetahuinya bahkan sempat melaporkan situasi itu ke  Air Traffic Control (ATC).

“Bukan api, bukan api tetapi bagian yang hilang. Mereka bilang ada lubang dan uh … seseorang keluar,” ujar pilot pesawat, Tammie Jo Shults dalam pembicaraan radio komunikasi dengan Air Traffic Control (ATC).

“Um, saya minta maaf, Anda mengatakan ada lubang dan seseorang keluar? Southwest 1380, tidak masalah kita akan bekerja di sana,” kata petugas ATC dalam pembicaraan itu.

Situasi di pesawat benar-benar sudah tak semakin menegangkan, apalagi mesin pesawat semakin hancur dan kabin terus berguncang. “Tiba-tiba, kami mendengar dentuman keras ini, berderak-sentak, rasanya seperti salah satu mesin mati. Masker oksigen jatuh,” kata seorang penumpang bernama Kristopher Johnson seperti dilansir Time, Rabu, 18 April 2018.

Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit
Aksi Pilot Wanita Menyelamatkan Pesawat Ketika Meledak di Langit

Pesawat itu sedianya terbang dari Bandara New York menuju Bandara Dallas, hanya saja dalam kondisi seperti itu, pesawat tak akan bisa lagi dipaksakan terbang ke lokasi tujuan dan harus mendarat darurat. Mesin meledak dan hancur saat pesawat berada di ketinggian 300.000 kaki, saat itu berdasarkan manifest tercatat pesawat diisi sebanyak 149 orang penumpang dan kru termasuk pilot.

Meski dalam situasi genting, tapi dengan hebatnya Shulth berhasil mendaratkan pesawat dengan mulus di landasan pacu. Pendaratan mulus itu disambut tim keselamatan, penumpang dan kru dievakuasi, termasuk jenazah Riordan. Dari dari informasi terakhir, ada tujuh penumpang yang luka.

Atas penyelamatan paling dramatis ini, Shulth dianggap sebagai pahlawan. Sebab, meski ada korban, dia berhasil menyelamatkan seratusan orang termasuk dirinya.

“Tammie Jo Shults adalah definisi seorang pahlawan Amerika. Salah satu pertama perempuan pilot pesawat tempur di Angkatan Laut Amerika Serikat, saya senang dia di kokpit kemarin. Dia keberanian menyelamatkan kehidupan,” tulis  mantan austronot NASA, Mark Kelly di Twitternya.