Selasa, 20 November 2018
Kesehatan

Inilah 3 Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Dialami

41views

1. Kekurangan vitamin C

Vitamin C memang sangat diperlukan oleh tubuh karena bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, termasuk gigi dan gusi. Kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C akan menyebabkan terganggunya kesehatan pada gusi, yakni pembengkakan pada gusi, gusi terasa sakit bahkan mudah berdarah. Kondisi atau gejala ini dalam dunia medis disebut juga Scurvi.

2. Merokok

Seorang perokok lebih berisiko terkena berbagai penyakit. Kenapa? Karena bahan kimia dari rokok yang masuk ke tubuh yaitu bersifat racun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu melawan bakter pada mulut.

3. Kebersihan Gigi dan Mulut yang buruk

Salah satu faktor penyebab gusi berdarah yaitu kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Gigi dan mulut yang kurang bersih akan menyebabkan terbentuknya plak, karang pada gigi atau kalkulus, serta tartar dari sisa makanan yang menempel dan tertinggal di gigi.

Banyaknya plak atau karang pada gigi akan membuat gusi Anda menjadi iritasi dan terjadi peradangan. Akibatnya gusi akan mengalami pembengkakan dan mudah sekali berdarah. Sehingga saat meggosok gigi, terdapat darah pada busa tersebut.