Rabu, 19 Juni 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Bertemu Ketua PERTUNI, Sandi : Kami Akan Dorong Penerapan UU Disabilitas

Bertemu Ketua PERTUNI, Sandi : Kami Akan Dorong Penerapan UU Disabilitas (monitorkini.com)
39views

Lombok – Calon wakil presiden no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno dicurhati oleh Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Lombok yang bernama Fitri, terkait Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 soal Disabilitas, yang sampai sekarang ini belum terwujud. Fitri terhadap Sandi meminta agar UU itu dapat secepatnya diselesaikan. Hal itu disampaikan Fitri dalam keterangan tertulis oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, pada (9/4/2019).

“Kami minta agar segera ada realisasi dari UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas, Pak Sandi, yakni peraturan pemerintah dan pemerintahan daerah, agar kaum disabilitas diperlakukan sama,” ungkap Fitri.

Fitri menjelasakan hal tersebut dalam dialognya bersama Sandi di acara Makan Siang Bersama 200 TGH (Tuan Guru Haji) di Restoran Ujung Landasan, Dasan Tapen, Gerung Lombok Barat. Seperti amanat dalam UU Nomor 8 Tahun 2016, terutama terkait Pasal 53 ayat (1), pemerintah, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah harus mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari total pegawai atau pekerja serta perusahaan swasta 1 persen. Fitri menilai, sampai saat ini dia belum mendapati adanya keinginan politik untuk menerapkan undang-undang untuk disabilitas.

Bertemu Ketua PERTUNI, Sandi : Kami Akan Dorong Penerapan UU Disabilitas
Bertemu Ketua PERTUNI, Sandi : Kami Akan Dorong Penerapan UU Disabilitas (monitorkini.com)

Menanggapi Fitri, Sandi berkomitmen akan mendukung untuk menerapkan undang-undang itu. Dia menuturkan, bahwa UU Disabilitas sebagai pengutamaan program prioritas 100 hari pemerintahan bersama calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto.

Sandi juga akan mengikutsertakan One Kota/Kabupaten One Center for Entrepreneurship (OK OCE) disabilitas serta Rumah Siap Kerja untuk memberikan bimbingan karier, pendampingan, pelatihan, serta permodalan untuk disabilitas dapat mandiri.

“Bu Fitri, kami akan mendorong implementasi PP disabilitas berdasarkan UU No 8 Tahun 2016 segera dan menjadi salah satu program prioritas seratus hari pemerintahan Prabowo-Sandi jika, insyaallah, terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024,” tutur Sandi.

Semoga pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno bisa memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Serta juga di harapkan agar nantinya para kaum disabilitas serta masyarakat biasa juga bisa di sediakan berbagai pekerjaan, demi memperbaiki kesejahteraan kehidupan mereka.