Minggu, 18 Agustus 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Prabowo-Sandi Sukses Sapu Bersih Suara Di TPS Pasuruan

56views

Pasuruan – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno telah menang telak di 4 TPS yang ada di sekitar Ponpes Darullughah Wadda’wah (Dalwa), Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Apalagi, di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) pasangan calon presiden dan wakil presiden kubu Petahan tidak mendapatkan satu pun suara atau nol.

Prabowo-Sandi telah sukses merebut bersih peraihan suara di TPS 13 dengan mendapatkan 501 suara. Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden kubu Petahana tidak memperoleh suara atau nol, dan ada 2 suara yang tidak sah.

Prabowo-Sandi pun menang telak di TPS 14 Desa Raci, dengan peraihan suara sekitar 506 suara. Sementara paslon kubu Petahana hanya memperoleh 6 suara. Terdapat 2 suara tidak sah di TPS tersebut. Di TPS 15 Desa Raci, Prabowo-Sandi unggul meyakinkan dengan mendapatkan suara sebanyak 366. Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden kubu Petahana menerima 1 suara, tercatat 3 suara tidak sah di TPS tersebut.

Prabowo-Sandi Sukses Sapu Bersih Suara Di TPS Pasuruan
Prabowo-Sandi Sukses Sapu Bersih Suara Di TPS Pasuruan (monitorkini.com)

Suara untuk Prabowo-Sandi pun kuat di Tempat Pemunguran Suara (TPS) 16 Desa Raci. Pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 tersebut telah menyapu bersih suara sebanyak 504 suara. Sementara paslon kubu Petahana hanya memperoleh 2 suara.

KPU Kabupaten Pasuruan membenarkan hasil penghitungan suara yang di peroleh di 4 TPS itu. Total pemilih di TPS di sekitar Ponpes Dalwa hingga 400-500 lebih sebab menjadi TPS tambahan atau disebut TPS DPTb (Daftar Pemilih Tambahan). Di ketahui Kabupaten Pasuruan mempunyai sebanyak 1.180.810 pemilih. Dengan total pemilih sebanyak itu, KPU menyediakan 4.379 TPS.

Dikatakan TPS DPTb, sebab hampir semua pemilih, mencakup juga dalam pemilih pindahan atau pemegang A5. Pemilih di TPS sekitaran Ponpes Dalwa itu adalah para santri ponpes. Hal itu di sampaikan oleh Winaryo Sujoko selaku Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, pada (17/4/2019).

“TPS DPTb sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan KPU pusat yang menyatakan untuk pemilih DPTb terkonsentrasi, boleh sampai 500 orang,” pungkas Winaryo Sujoko.