Senin, 27 Mei 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Salah Satu Saksi Parpol Sebut Ada Indikasi Kecurangan Pemilu Di TPS Curup

Salah Satu Saksi Parpol Sebut Ada Indikasi Kecurangan Pemilu Di TPS Curup (monitorkini.com)
19views

Curup – Walaupun proses pleno di tingkat PPK di Kabupaten Rejang Lebong telah rampung pada beberapa hari yang lalu, tetapi belakangan ini diketahui terdapat dugaan tindakan kecurangan yang terjadi di proses Pemilu serentak di Kabupaten Rejang Lebong, pada (17/4/2019) lalu. Gejala kecurangan itu, seperti yang disampaikan Fajri salah satu saksi dari Partai Keadilan serta Persatuan Indonesia (PKPI). Fajri menilai, bahwa indikasi kecurangan yang mereka jumpai itu terutama di TPS 08 Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan.

“Kita masih bingung dan keberatan atas adanya indikasi kecurangan yang terjadi di TPS 08 Kecamatan Curup Selatan,” ungkap Fajri.

Fajri menjelaskan, jika indikasi kecurangan yang mereka jumpai yakni pertama C1 hologram di TPS 08 itu tak diakumulasikan di dalam satu kotak yakni di kotak suara Pilpres seperti yang seharusnya, tetapi justru dijumpai di masing-masing kotak suara seperti dengan jenis surat suaranya. Hal tersebut juga, mereka jumpai usai semua kotak suara di TPS 08 Kelurahan Tempel Rejo dibuka.

”Selain C1 hologram tidak dikumpulkan dalam satu kotak, saat mencari C1 tersebut, kami juga menemukan sebagian kotak suara di TPS 08 sudah terbuka segelnya,” jelas Fajri.

Temuan itu, dinilai Fajri bukan hanya sampai disitu saja, tetapi pula C1 hologram yang dijumpai itu tak ditanda tangani oleh saksi-saksi dari partai peserta Pemilu. Bahkan, dia juga menilai para saksi memegang C1 yang telah  ditken oleh para saksi dari partai politik.

Salah Satu Saksi Parpol Sebut Ada Indikasi Kecurangan Pemilu Di TPS Curup
Salah Satu Saksi Parpol Sebut Ada Indikasi Kecurangan Pemilu Di TPS Curup (monitorkini.com)

Dari peristiwa itu, timnya sudah mengungkapkan keberatan ke PPK Curup Selatan, setelah itu oleh PPK Curup Selatan hal itu menjadi catatan khusus serta akan diulas saat rampungnya pleno di PPK Curup Selatan, tetapi sampai pleno di tingkat PPK Curup Selatan, indikasi kecurangan itu tak kunjung dibahas sampai (28/4/2019).

“Kami hanya ingin pelaksanaan Pemilu ini Jurdil, tidak mementingkan beberapa pihak saja melainkan kepentingan bersama,” kata Fajri.

Sebab, belum rampungnya permasalahan itu, kemudian Fajri menyatakan, jika pihaknya berencana akan mengungkapkan persoalan tersebut ke KPU Rejang Lebong terlebih lagi pelaksanaan pleno di tingkat Kabupaten Rejang Lebong baru akan dilakukan pada (29/4/2019).

Selain itu, Ketua PPK Kecamatan Curup Selatan, Sabirin Absah ketika dikonfirmasi, mengungkapkan bahwa tak ada masalah dalam pleno tingkat PPK di Kecamatan Curup Selatan, begitu pula terkait dugaan kecurangan yang terjadi di TPS 08 Kelurahan Tempel Rejo, pun telah tak masalah, sebab pelaksanaan pleno untuk Kelurahan Tempel Rejo tersebut telah rampung.

“Untuk Kelurahan Tempel Rejo tidak ada masalah dan sudah kami plenokan,” pungkas Sabirin.

Leave a Response