Rabu, 24 Juli 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Prabowo-Sandi Menang 203.812 Suara Di Situbondo

71views

Situbondo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo telah menyeesaikan rekapitulasi manual calon presiden  dan calon wakil presiden hasil Pemilu 2019 ini, pada (2/5/2019). Dan hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden Koalisi Adil Makmur Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno unggul tipis dari pasangan calon presiden dan wakil presiden kubu Petahana.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Koalisi Adil Makmur no urut 02 menang dengan mendapatkan 203.812 suara atau setara dengan 50,13%. Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden kubu Petahana memperoleh 202.789 suara atau setara dengan 49,87%. Sehingga terdapat perbandingan sekitar 1.023 suara.

Menurut informasi, Rapat Pleno Terbuka Penghitungan serta Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 ini oleh KPU Situbondo dipusatkan di salah satu hotel terdekat. Ratusan aparat keamanan bersenjata disiagakan mengamankan berlangsungnya proses tersebut.

Setiap tamu undangan, baik dari perwakilan parpol ataupun tamu undangan lainnya, yang ingin memasuki tempat rapat terbuka tidak lepas dari pemeriksaan. Barang bawaan yang di bawa oleh mereka pun diperlihatkan memakai metal detektor di pintu masuk.

Kesalahan tersebut penyampaian angka sempat mewarnai berlangsungnya proses penghitungan tingkat kabupaten tersebut. Sejumlah PPK sempat salah dalam menyampaikan total angka pemilih laki-laki serta perempuan. Sebagian pun sempat salah dalam menyampaikan angka total pemilih para penyandang disabilitas.

Prabowo-Sandi Menang 203.812 Suara Di Situbondo
Prabowo-Sandi Menang 203.812 Suara Di Situbondo (monitorkini.com)

Walaupun begitu, berjalannya penghitungan manual capres-cawapres tersebut berlangsung dengan lancar. Apalagi, begitu usai para saksi dari kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden langsung meneken hasil penghitungan Pilpres 2019 tersebut di Kabupaten Situbondo. Hal itu di sampaikan oleh Ketua KPU Situbondo, Marwoto di lokasi acara tersebut.

“Alhamdulillah proses penghitungan hasil Pilpres berjalan aman dan lancar. Meski sempat ada kesalahan penyebutan angka antara pemilih laki-laki dan perempuan tadi, tidak sampai merubah hasil perolehan suara masing-masing paslon,” tutur Marwoto.

Di harapkan agar nantinya pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subainto dan Sandiaga Salahuddin Uno bisa di tetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk negara Indonesia kedepannya. Semoga, agar nantinya Prabowo-Sandi juga bisa memperbaiki keadaan Indonesia menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.