Senin, 27 Mei 2019
NasionalPilpres 2019

Sandiaga : Terbukti Ada Kecurangan, Prabowo Tidak Akan Terima Hasil Pemilu 2019

25views

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto saat bertemu dengan media asing di kediamannya, menyampaikan pesan  bahwa dirinya yakin penyelenggara Pemilu 2019 masih punya cukup waktu untuk mengkoreksi temuan kesalahan dan dugaan kecurangan.

“Pak Prabowo menyatakan yakin bahwa sisa waktu yang ada masih cukup bagi penyelenggara pemilu untuk mengoreksi kesalahan dan dugaan kecurangan yang terjadi selama Pemilu 2019. Beliau masih berprasangka baik,” ungkap Sandiaga kepada awak media.

BPN Prabowo-Sandi mengatakan semua temuan dugaan kecurangan dan kesalahan Pemilu 2019 sudah disampaikan kepada Bawaslu RI untuk ditindak lanjuti.

Prabowo Subianto berpendapat perlu adanya langkah cepat untuk mengklarifikasi dan menindaklanjuti laporan-laporan tersebut, agar tidak mencederai demokrasi.

“Jumlah temuan kesalahan dan dugaan kecurangan Pemilu 2019 jauh lebih banyak dari 2014, yaitu berjumlah sekitar 73 ribu dan sekitar 6,7 juta pemilih tak mendapat akses untuk menyampaikan hak politik,” jelasnya.

Sandiaga, Calon Presiden nomor urut 02 mengungkapkan jika benar-benar terbukti ada kecurangan, Prabowo tidak akan menerima hasil Pemilu 2019.

“Dia tidak akan menerima pemilu yang curang, perbedaan dengan 2014 dengan 2019, Pak Prabowo bilang tidak akan menerima a fraud result of fradulent election. Itu kata-katanya, saya quote, fraudulent election. Jadi fradulent election ini pemilu yang curang,” papar mantan orang no 2 DKI Jakarta itu.

Selain itu, Sandiaga menceritakan, dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga memaparkan mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan BPN untuk Pemilu 2019 yang pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 22 Mei mendatang.

Salah satunya, lanjut Sandiaga, mendorong KPU menindaklanjuti temuan 75 ribu dugaan kesalahan input data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Sandiaga : Terbukti Ada Kecurangan, Prabowo Tidak Akan Terima Hasil Pemilu 2019 - monitorkini.com
Sandiaga : Terbukti Ada Kecurangan, Prabowo Tidak Akan Terima Hasil Pemilu 2019 – monitorkini.com

“Keinginan kami meminta sistem audit IT dari KPU, karena ditemukan beberapa kelemahan sistem yang kita pastikan harus diperbaiki sebelum kita percaya sistem IT kuat, tangguh, dan layak dipercaya,” kata dia.

Kepada wartawan media asing, kata Sandi, Prabowo juga menjelaskan soal update pengumpulan formulir C1 yang dilakukan BPN yang kini sudah mencapai 50 persen.

“Kelanjutan secara reguler akan update ke media internasional,” kata dia.

Secara keseluruhan, menurut Sandiaga, Prabowo memaparkan keinginan BPN agar KPU mengoreksi penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia bersama Prabowo ingin pemilu benar-benar berlangsung jujur dan adil.

“Dia (Prabowo) tidak bisa menerima hasil dari pemilu yang penuh kecurangan, yang tak dikoreksi. Itu yang disampaikan Pak Prabowo didampingi beberapa tokoh-tokoh petinggi BPN,” kata Sandiaga.

Leave a Response